Logo_UMIBA_lg_new

Universitas Mitra Bangsa bersama Universitas Pancasakti Bekasi Gelar Bimbingan Teknis RPL

Universitas Mitra Bangsa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Penerima Program Bantuan Pemerintah, dalam hal Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tahun 2024 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi.

Dalam mensukseskan program tersebut, Universitas Mitra Bangsa bersama dengan Universitas Pancasakti Bekasi menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pada program tersebut. Pelaksanaan bimbingan teknis ditujukan untuk calon asesor Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), yang melibatkan serangkaian kegiatan terstruktur yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan. Acara tersebut diselenggarakan di kampus Pascasarjana Universitas Pancasakti Bekasi pada hari Rabu, 5 Juni 2024. Narasumber acara tersebut adalah bapak Anggoro Suryo Pramudyo, M.Kom. Kegiatan Bimbingan Teknis, disertai Penyusunan Kurikulum dan Materi: Sebelum pelaksanaan, perlu disusun kurikulum dan materi pelatihan yang akan mencakup aspek-aspek kunci dari RPL, seperti metode penilaian, etika profesional, standar dan pedoman yang berlaku, dan sebagainya.

Bimbingan Teknis RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) merupakan salah satu inisiatif yang penting dalam dunia pendidikan. Dalam rangka mendorong implementasi Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2016 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau dan Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 123/B/SK/2017 tentang Pedoman dan Tata Cara Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengadakan kegiatan bimbingan teknis persiapan dan penyelenggaraan asesmen RPL untuk perguruan tinggi nonvokasi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

RPL adalah proses pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, atau informal, serta pengalaman kerja. Pengakuan ini bertujuan untuk menempatkan seseorang pada jenjang kualifikasi yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Melalui RPL, masyarakat memiliki akses lebih luas untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dalam pelaksanaan RPL, perguruan tinggi memainkan peran penting dalam mengakui capaian pembelajaran individu. Semoga bimbingan teknis ini membantu perguruan tinggi dalam menyelenggarakan RPL secara efektif dan memberikan manfaat bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan melalui jalur ini

Bagikan:
Open chat
Klik disini untuk menghubungi kami
Hallo,
Ada yang dapat kami bantu ?